

Using Research to Promote Literacy and Reading in Libraries: Guidelines for Librarians. International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA).

The Relationship Between Parental Literacy Involvement, Socioeconomic Status and Reading Literacy. Hemmerechts, K., Agirdag, O., & Kavadias, D. university of latvia, riga, latvia e-mail: Problems of Education in The 21 Volume 6. Factors Influencing Reading Literacy at The Primary School Level. Teaching Reading in Europe: Contexts, Policies and Practices.Įducation, Audiovisual and Culture Executive Agency P9 Eurydice Avenue du Bourget 1 (BOU2) B-1140 Brussels. Įducation, Audiovisual and Culture Executive Agency (EACEA). A Research Report Commissioned by Cambridge Assessment.ĭriana, E. What is literacy? An investigation into definitions of English as a subject and the relationship between English, literacy and ‘being literate’.

Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat direkomendasikan: (1) pemenuhan sarana prasarana penunjang literasi, (2) pembimbingan intensif terutama dalam kegiatan membaca di rumah, (3) peningkatan kegiatan GLS, dan (4) penggunaan model pembelajaran membaca dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.Ĭambridge Assessment. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa adalah: (1) keadaan sosial ekonomi keluarga (2) komunikasi dan bimbingan terhadap anak pada usia dini (3) komunikasi dan bimbingan belajar pada masa sekolah (4) fasilitas/koleksi buku bacaan di rumah (5) fasilitas HP, komputer, televisi (6) gender (7) hubungan antara keluarga, sekolah, dan masyarakat dan (8) penggunaan strategi/model dalam pembelajaran membaca. Sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD dan orang tua dari enam sekolah tersebut yang digolongkan dalam tiga kategori, yakni siswa yang memiliki Kemampuan Literasi Awal (KLA) tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif berdasarkan data kualitatif melalui hasil angket, wawancara, dan observasi, dilaksanakan di enam sekolah dasar pelaksana Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang berada di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan menganalisis problematika dan faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa, khususnya di sekolah dasar.
